TES STANDARD DAN PENGAJARAN
KELOMPOK 3 (psikologi pendidikan)
SIFAT TES STANDAR DAN UJIAN YANG DIBAKUKAN
Tujuan
tes standar :
• Memberikan
informasi tentang kemajuan murid.
• Mendiagnosis
kekuatan dan kelemahan murid.
• Memberikan
bukti untuk penempatan murid dalam program khusus.
• Memberi
informasi untuk merencanakan dan meningkatkan pengajaran / instruksi.
• Membantu
administrator mengevaluasi program.
• Memberikan
akuntabilitas.
Tujuan
tes standar :
• Memberikan
informasi tentang kemajuan murid.
• Mendiagnosis
kekuatan dan kelemahan murid.
• Memberikan
bukti untuk penempatan murid dalam program khusus.
• Memberi
informasi untuk merencanakan dan meningkatkan pengajaran / instruksi.
• Membantu
administrator mengevaluasi program.
• Memberikan
akuntabilitas.
Kriteria untuk
mengevaluasi tes standar
TES KECAKAPAN DAN PRESTASI
MEMBANDINGKAN TES KECAKAPAN DAN
TES PRESTASI
Tes
kecakapan (aptitude test) à
memprediksi kemampuan murid untuk mempelajari suatu keahlian atau menguasai
sesuatu dengan pendidikan dan training tingkat lanjut.
Contoh:
tes Stanford-Binet, Wechsler Scales.
Tes
prestasi à untuk
mengukur apa yang telah dipelajari atau keahlian apa yang sudah dikuasai murid.
JENIS TES PRESTASI STANDAR
SURVEY
BATTERIES
sekelompok
tes pokok persoalan individual yang didesain untuk murid level tertentu.
SPECIFICS
SUBJECT TESTS
bertujuan
untuk menilai keahlian di bidang tertentu seperti membaca atauu matematika.
DIAGNOSTIC
TESTS
terdiri
dari evaluasi area pembelajaran spesifik secara relatif mendalam dan bertujuan
untuk menentukan kebutuhan pembelajaran spesifik murid sehingga kebutuhan tsb
dapat terpenuhi melalui instruksi reguler atau remedial.
UJIAN NEGARA BERESIKO TINGGI
Peran
ujian negara à untuk
melihat pertanggungjawaban efektivitas sekolah dalam mendidik siswa.
Efek
positif ujian negara beresiko tinggi:
Meningkatkan
kinerja murid
Lebih
banyak waktu untuk mengajarkan pelajaran yang diujikan
Ekspektasi
tinggi untuk semua murid
Identifikasi
sekolah, guru dan administrator yang berkinerja payah
Meningkatkan
rasa percaya diri di sekolah setelah ujian naik.
TES DISTRIK DAN NASIONAL
Tes
distrik/ kabupaten.
Di New
York, distrik sekolah mengumpulkan informasi tentang kinerja murid dengan tes
berikut:
Stanford
Achievement Test in Reading and Math
New York
Staete Pupil Evaluation Test in Reading, Written Expression and Mathematics
New York
State Program Evaluation Test
dsb.
PERAN GURU
1. Mempersiapkan
Murid untuk Mengikuti Tes Standar
2. Menjalankan
Tes Standar
MEMAHAMI DAN
MENGINTERPRETASIKAN HASIL TES
MEMAHAMI
STATISTIK DESKRIPTIF
-Distribusi Frekuensi
-Pengukuran tendensi sentral
- Pengukuran variabilitas
-Distribusi normal
MENGINTERPRETASIKAN
HASIL TES
Nilai
Percentile-Rank
Nilai
Stanine
Nilai
Grade-Equivalent
Nilai
Standar
MENGINTERPRETASIKAN
HASIL TES
Nilai
Mentah(Raw Score): jumlah soal ujian yang dijawab murid dengan benar
beberpa jenis nilai
beberpa jenis nilai
-Nilai Percentile-Rank
-Nilai Stanine
-Nilai Grade-Equivalent
-Nilai Standar
-Nilai z
-Nilai T
ISU-ISU DALAM
TES STANDAR
Ada perselisihan
pendapat tentang manfaat tes standar versus penilaian alternatif seperti
penilaian kinerja dan portofolio.
• Grant
Wiggins (1992): yang dibutuhkan adalah tes kemampuan atau kinerja bukan tes
standar.
• Blaine Worthen dan Vicki Spandel (1991): jika
dipakai secara benar, tes standar juga berguna. Sangat berguna untuk memberikan
informasi tentang komparabilitas.
• Bias kultural adalah perhatian utama dalam tes
standar ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar