PENDIDIKAN, PENGOLAHAN MANAJEMEN KELAS
pengertian
•Kegiatan
untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yg optimal bagi terjadinya proses
belajar efektif didalam kelas
MANAJEMEN KELAS
•Membuat
kelas sebagai tempat belajar
•Menciptakan
proses belajar efektif didalam kelas
•Menciptakan
suasana kelas yg kondusif untuk terjadinya proses belajar
•Selalu
berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar
•Mengupayakan
sarana sarana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien
TUJUAN MANAJEMEN KELAS
•Mewujudkan situasi dan
kondisi kelas yang baik,baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok
belajar yg memungkingkan siswa utk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin
•Menghilangkan berbagai
hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar yg
efektif
•Membina dan membimbing
sesuai dgn latar belakang sosial,ekonomi,budaya serta sifat-sifat individunya
TREN
DALAM MANAJEMEN KELAS
•Lama
-menekankan pd
penciptaan dan pengaplikasian aturan utk mengontrol siswa
-mengorientasi siswa pd
sikap pasif dan patuh pd aturan yg ketat-melemahkan keterlibatan siswa dlm
pembelajaran aktif
-guru sebagai pengatur
-model permisif
•Baru
-Fokus pd kebutuhan murid utk mengembangkan hubungan dn
kesempatan utk menata diri
-menekankan pd pembimbingan siswa menjadi lebih disiplin
dan tidak terlalu menekankan pd kontrol
eksternal atas diri siswa
-menekankan pd siswa,guru sebagai pemandu,koordinator dan
fasilitator
-penekanan pada regulasi diri siswa
•Baru
-Fokus pd kebutuhan murid utk mengembangkan hubungan dn
kesempatan utk menata diri
-menekankan pd pembimbingan siswa menjadi lebih disiplin
dan tidak terlalu menekankan pd kontrol
eksternal atas diri siswa
-menekankan pd siswa,guru sebagai pemandu,koordinator dan
fasilitator
-penekanan pada regulasi diri siswa
KUNCI
DALAM MANAJEMEN KELAS DI
AWAL MASA SEKOLAH
•Menyampaikan
aturan dan prosedur yg anda gunakan kpd kelas dan mengajak siswa bekerja sama
untuk mematuhinya
•Mengajak
siswa terlibat aktif dalam semua kelas
STRATEGI
YG DILAKUKAN DALAM MANAJEMEN KELAS
•Mendesain
lingkungan fisik kelas
untuk pembelajaran yg optimal
•Menciptakan
lingkungan yg positif untuk pembelajaran
•Membangun
dan menegakkan aturan
•Mengajak
murid untuk bekerja sama
•Mengatasi
problem secara efektif
•Menggunakan
strategi komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar